Beritahati.com, Jakarta - Permintaan pasar smartphone di Indonesia tampaknya semakin meningkat. Produsen smartphone pun ramai untuk meluncurkan ponsel terbarunya di pasar Tanah Air.


Beberapa produsen smartphone menghadirkan smartphone dari berbagai segmen, ada yang low-entry, mid-level, dan premium. Ponsel menengah atau Rp3 jutaan pun dikabarkan tengah hangat di pasaran.


Berikut beberapa ponsel terbaru yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan.


1. Realme X


Realme baru diluncurkan pada 25 Juli 2019 di Indonesia. Smartphone ini merupakan ponsel pertama Realme yang diluncurkan dengan desain pop-up kamera. Ponsel diklaim memiliki keunggulan dalam sisi performa, desain, dan kamera.


Untuk spesifikasinya, ponsel dengan layar 6,53 inci didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 710 AIE. Untuk banderol harga Rp3,8 jutaan, smartphone dilengkapi dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB.


Kamera belakang ponsel dilengkapi dengan dual kamera belakang yakni 48MP dan 5MP. Sementara itu, kamera depannya mengusung sensor 16MP. Spesifikasi lainnya yakni sistem operasi Android 9.0 dan UI Color OS 6, serta baterai 3.765 mAh.


2. Vivo S1


Vivo resmi memboyong ponsel seri S pertamanya, Vivo S1 di pasar Tanah Air. Ponsel ini diklaim memiliki beberapa fitur yang menunjang kegiatan anak muda.


Ponsel berukuran 6,38 inci ini dilengkapi dengan fingerprint in display yang biasanya hadir pada ponsel premium. Dari sisi dapur pacu, ponsel didukung dengan prosesor MediaTek Helio P65.


Dari segi memori ponsel dilengkapi dengan RAM 4GB + 128GB dan baterai 4.500 mAh. Ponsel juga memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi 16 MP (wide), 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) serta 5 MP, f/2.4 untuk depth sensor.


Untuk kamera depan, perusahaan mengandalkan fitur kamera AI Selfie 32MP. Vivo menyediakan dua varian warna Vivo S1, antara lain Cosmic Green dan Skyline Blue. Vivo S1 dibanderol dengan harga Rp3,6 jutaan.


3. Samsung Galaxy A30


Samsung memang gencar meluncurkan ponsel seri Galaxy A miliknya. Galaxy A30 sendiri dibanderol dengan harga Rp3,4 jutaan yang dilengkapi dengan beberapa fitur menarik.


Adapun layar ponsel mengusung Infinity U yang memiliki ukuran 6,4 inci. Bagian dalamnya dilengkapi dengan prosesor miliknya sendiri Exynos 7885.


Lebih lanjut, untuk RAM ponsel mengusung 4GB dan memori internal 64GB. Kamera belakang ponsel dilengkapi dengan dual kamera 16 MP dan 5MP. Sementara itu di bagian depan dilengkapi dengan 16MP. Spesifikasi lainnya yakni, baterai 4.000 mAh dan sistem operasi Android 9.