Beritahati.com, Jakarta - Diet diabetes adalah pola diet yang dilakukan oleh para pengidap kencing manis untuk mempertahankan kadar gula darah tetap normal. Ada beberapa makanan yang mungkin menggoda seperti permen dan kue-kue manis yang akan menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula darah pada pengidap kencing manis.


Apabila seorang pengidap kencing manis sedang mengontrol kadar gula darah, berhenti konsumsi makanan berikut:


Buah kering
Buah umumnya sehat dan membantu mengurangi konstipasi (sulit buang air besar). Selain itu juga dapat meningkatkan energi. Namun buah kering dapat meningkatkan gula darah. Biasanya buah kering sedikit mengandung air, protein dan lemak sehingga dapat menyebabkan terjadinya lonjakan darah


Susu utuh
Susu yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin. Suatu keadaan dimana hormon insulin tidak dapat menurunkan kadar gula darah dengan baik. Selain itu lemak jenuh memiliki efek buruk terhadap jantung dan arteri


Jus buah
Jus buah merupakan sumber buah-buahan yang sehat, namun untuk Anda yang mengidap kencing manis sebaiknya memakan buah utuh karena masih mengandung serat, yang diperlukan oleh tubuh.


Roti putih
Roti putih merupakan karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan kadar gula darah, terlebih saat seseorang mengkonsumsi roti putih biasanya akan ditambahkan dengan margarin dan selai yang akan semakin meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jauh lebih baik konsumsi roti gandum.


Kentang goreng
Kentang goreng dan makanan berminyak lainnya dapat meningkatkan kadar gula darah. Karena pada beberapa orang sering konsumsi kentang goreng dengan nasi. Selain makanan yang digoreng akan menyebabkan gangguan pada jantung.