Beritahati.com, Jakarta - Untuk membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari trombosit turun. Misalnya, jika penurunan trombosit disebabkan oleh konsumsi obat tertentu, dokter akan menghentikan atau mengganti obat yang dicurigai menjadi peyebabnya. Sedangkan, jika penyebabnya adalah penyakit, dokter akan memberikan pengobatan terhadap penyakit tersebut.


Selain itu, mengonsumsi buah bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah jumlah trombosit. Beberapa jenis buah berikut ini diklaim mampu membantu menaikkan kadar trombosit:


1. Jambu biji
Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, jambu biji diyakini mampu menaikkan kadar trombosit karena kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar trombosit.


Selain buahnya, daun jambu biji juga diketahui ampuh untuk meningkatkan kadar trombosit. Cara sederhana untuk mendapatkan ekstrak daun jambu biji adalah merebus daun tersebut.


Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air rebusan daun jambu biji bisa meningkatkan kadar trombosit, sehingga mencegah perdarahan pada penyakit DBD.


2. Mangga
Buah untuk menaikkan trombosit berikutnya adalah buah mangga. Mangga diyakini dapat meningkatkan kadar trombosit karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang terdapat pada mangga mampu membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.


3. Jeruk
Jeruk juga diyakini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Hal ini karena dalam jeruk terkandung folat, yaitu zat yang diperlukan untuk membentuk sel darah, termasuk trombosit.


4. Delima
Buah berikutnya yang diyakini dapat membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah adalah buah delima. Hal ini karena buah delima mengandung banyak vitamin C, serta mengandung folat yang berperan dalam pembentukan sel darah.


Buah lain yang juga diyakini dapat membantu menaikkan trombosit adalah pepaya. Namun bukan buahnya yang dimanfaatkan, melainkan daunnya. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus daun pepaya dapat menaikkan kadar trombosit pasien demam berdarah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.


Selain mengonsumsi buah untuk menaikkan trombosit, makanan lain yang juga diyakini dapat meningkatkan trombosit adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti kerang, kacang-kacangan, daging sapi, telur, dan kacang hitam; serta makanan yang mengandung vitamin B12, seperti ikan salmon, tuna, daging sapi, yoghurt, dan hati.


Berbagai jenis buah yang dipaparkan di atas dapat membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah. Namun ketika mengalami penurunan trombosit, Anda perlu melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter sehingga penanganannya akan disesuaikan dengan kondisi Anda.