Beritahati.com, Jakarta - Sebuah studi yang dilakukan oleh the University of Utah di Amerika Serikat telah meneliti manfaat melakukan yoga untuk menghilangkan stres dan cemas.


Subjek studi ini, antara lain adalah 12 orang yang sudah berpengalaman melakukan yoga, 14 orang dengan kondisi fibromyalgia (penyakit kronis yang ditandai dengan nyeri pada otot dan tulang di seluruh tubuh dan kelelahan), dan 16 sukarelawan yang sehat.


Riset ini meneliti efek yoga terhadap stres dengan melihat respons partisipan terhadap rasa nyeri. Hasilnya, saat dipaparkan terhadap rasa nyeri, partisipan yang rutin melakukan yoga memiliki toleransi paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.


Sementara penelitian lain yang dilansir oleh Harvard Medical School di Amerika Serikat, melaporkan bahwa melakukan yoga dapat membantu seseorang untuk menghilangkan stres, cemas, bahkan depresi.


Yoga disebut dapat membuat seseorang lebih tenang yang manfaatnya sama seperti melakukan meditasi, relaksasi, berolahraga, atau bahkan bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, yoga juda dapat menurunkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan pernapasan.


Riset yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine pada tahun 2018 juga mendukung hal yang sama. Pada penelitian tersebut dilaporkan bahwa melakukan latihan yoga selama 12 minggu secara rutin dapat memperbaiki mood dan mengurangi tingkat kecemasan.


Tak seperti olahraga lainnya, yoga dapat berdampak juga pada sistem saraf pusat. Maka dari itu, yoga dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki gejala depresi, serta penyakit mental lainnya.


Memang ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres dan cemas, tapi salah satu yang paling disarankan dan dapat Anda coba adalah yoga. Dengan yoga, tak hanya dapat membuat pikiran lebih rileks, tubuh pun bisa menjadi lebih sehat.