Beritahati.com, Jakarta - Batu ginjal terbentuk dari hasil penyaringan darah yang mengkristal dan akhirnya menggumpal seperti batu keras. Tidak semua batu ginjal memiliki kandungan yang sama. Ada empat jenis batu ginjal berdasarkan bahan pembentuknya, yaitu kalsium, asam urat, struvit, dan sistin.


Gejala awal batu ginjal pada wanita biasanya akan muncul ketika batu ginjal terjebak di saluran ureter yang sempit, sehingga menimbulkan nyeri yang hebat secara tiba-tiba. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut kolik ginjal.


Selain itu, batu ginjal pada wanita juga dapat menimbulkan gejala berupa:


Nyeri saat buang air kecil.
Nyeri perut, mual, dan muntah.
Gelisah dan tidak dapat berbaring tenang.
Lebih sering buang air kecil.
Urine yang keluar sedikit dan keruh, terkadang disertai serpihan seperti pasir.
Demam dan menggigil, jika ada infeksi.
Nyeri di punggung, pinggang, bagian bawah tulang rusuk, perut, pangkal paha, atau kelamin, yang muncul secara tiba-tiba dan makin lama makin
Terdapat darah dalam urine, yang tampak dari warna urine berwarna pink, merah, atau coke Hal ini disebabkan oleh batu ginjal yang melukai ginjal atau saluran kemih.
Ada beberapa kondisi yang dapat memperbesar risiko terbentuknya batu ginjal, yaitu sering kurang minum, memiliki riwayat penyakit batu ginjal dalam keluaga, mengalami obesitas, menderita infeksi saluran kemih berulang, dan pernah menjalani operasi di bagian perut.


Waspadailah gejala batu ginjal pada wanita seperti yang telah dipaparkan di atas. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke dokter sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.