Beritahati, Jakarta - Kiper klub Liga 1 Indonesia 2019 Semen Padang, Teja Paku Alam masuk ke tim nasional Indonesia untuk menggantikan Awan Setho Raharjo yang menderita cedera dan memerlukan waktu selama empat sampai enam minggu untuk penyembuhan juga pemulihan.


"Awan mengalami cedera diskolasi pada jari kelingkingnya saat latihan pagi ini bersama klub. Untuk itu kami memanggil Teja Paku Alam sebagai penggantinya," ujar pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu (19/8) malam.


Dengan demikian, Teja Paku Alam akan mendampingi Andritany Ardhiyasa dan Angga Saputra di posisi penjaga gawang timnas Indonesia.


Teja pun menjadi bagian dari 24 pemain yang dipanggil Simon McMenemy untuk memperkuat tim nasional Indonesia di pemusatan latihan (TC) mulai Kamis, 22 Agustus 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai persiapan menuju babak kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022.


Selain itu, Simon juga sudah melakukan pergantian pemain di posisi sayap. Rizky Pora yang dianggap melakukan tindakan negatif dalam laga Liga 1, dicoret dan ditukar dengan Febri Hariyadi.


Timnas Indonesia sendiri berada di Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab (UAE).


Dari keterangan sebelumnya, Pelatih kiper Semen Padang, Zulkarnain Zakaria mengatakan, surat pemanggilan Teja dari PSSI sudah diterima manajemen Semen Padang sejak awal Maret lalu.


"Kami sudah terima surat pemanggilan Teja untuk timnas dan akan membuat kebanggaan juga bagi tim Semen Padang FC, jadi kami relakan," ujar Zulkarnain Zakaria, Rabu (7/8) lalu.


Ujian pertama tim asuhan Simon McMenemy adalah menghadapi Malaysia pada Kamis (5/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.