Beritahati - Bencana kebakaran terbesar sepanjang sejarah hutan Benua Amerika, Amazon di Brasil mendapat perhatian khusus dari kalangan selebritas dunia. Sumbangan-sumbangan besar pun mulai berdatangan, salah satunya dari miliarder Prancis sekaligus bos LVMH Bernard Arnault. Nilai donasinya mencapai US$ 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar.


Kebakaran yang melanda hutan Amazon sangat memprihatinkan. Data satelit yang dirilis baru-baru ini menunjukkan area hutan seluas lapangan sepakbola raib dilahap si jago merah setiap lima menitnya. Adapun luas hutan Amazon saat ini diestimasi mencapai 5,5 juta kilometer persegi.


Forbes merilis, sumbangan tersebut merupakan bagian dari upaya kolektif dari negara-negara anggota G7 untuk melindungi hutan yang kerap dijuluki paru-paru dunia itu. Dana yang bernilai total US$ 22 juta itu akan disalurkan untuk mengatasi kebakaran besar tersebut dan merehabilitasinya.


"Melindungi lingkungan bukan sebatas hanya kata-kata atau prinsip tertulis, hal ini juga membutuhkan aksi kolektif yang nyata ketika bahaya semakin mengancam untuk mendukung sumber daya kepada para spesialis lokal dan bekerja sama demi menyelamatkan planet kita," ujar Yann Arthus-Bertrand, salah seorang direktur di LVMH, dalam pernyataan resminya, Kamis (29/8).


LVMH menaungi sejumlah high-end brand ternama seperti Louis Vuitton, Dior dan Berluti.


Selebritas lain, Aktor Hollywood Leonardo Di Caprio sampai menangis begitu menyaksikan hutan Amazon alami kebakaran. Leonardo yang juga aktivis lingkungan mengatakan, hutan Amazon merupakan salah satu sumber oksigen di bumi. Menurut dia, tanpa hutan di Brasil itu, pemanasan iklim bumi akan semakin tidak terkendali.


Dalam unggahan di Instagramnya, Leonardo sebut kebakaran hutan menjadi masalah. "Kebakaran adalah masalah utama hutan dan planet kita. Kebakaran ini diintensifkan oleh banyak faktor, termasuk krisis iklim dan deforestasi," kata dia, Jumat, (23/8) lalu.


Leonardo mengatakan, penebangan hutan dan pembangunan memperburuk keadaan hutan. Apa lagi, sejak dua minggu yang lalu api terus melahap lahan hijau di hutan tersebut.


Hutan Amazon, kata pasangan Kate Winslet di film Titanic, merupakan rumah bagi 1 juta penduduk dan 3 juta spesies hewan dan tumbuhan. Di tahun ini, setidaknya ada 74 ribu kebakaran yang terjadi di sana. "Peningkatan mengejutkan sebesar 84 persen dibandingkan tahun lalu," kata dia.
Kebakaran hutan sering terjadi di Brasil selama tahun ini, yang cenderung lebih dingin dan kering. Tetapi jumlah yang sekarang berkobar di Amazon sangat tinggi. Meskipun kebakaran adalah kejadian biasa dan alami selama musim kemarau pada tahun ini, para pencinta lingkungan menyalahkan kenaikan tajam pada petani yang membuka lahan baru.


Data yang dikeluarkan oleh National Institute for Space Research Brasil menunjukkan bahwa dari Januari hingga Juli, kebakaran hutan Amazon memakan 4,6 juta hektare, meningkat 62 persen dibandingkan tahun lalu.
Editor 2: Heros