Beritahati, Jakarta - Penulis Sekuel film 'Crazy Rich Asians' Adele Lim, keluar dari proyek sekuel ini karena masalah uang. Lim menyebut asisten penulis Peter Chiarelli mendapatkan bayaran lebih tinggi darinya yang notabene merupakan penulis utama. Chiarelli diketahui direkrut oleh produser Nina Jacobson dan Brad Simpson.


Sebuah sumber anonim mengatakan Chiarelli mendapat honor sebesar US$800 ribu hingga US$1 juta untuk. Sedangkan untuk Lim, hanya US$110 ribu. Sebelumnya, Lim memang belum pernah punya menulis naskah film, sampai dilibatkan dalam film Crazy Rich Asians.


Sementara itu, Chiarelli tercatat berpengalaman menulis naskah film panjang. Ia tercatat pernah menulis naskah film Proposal pada 2009 sebagai salah satu karya utamanya.


Namun fakta tersebut ditentang oleh Lim. Ia berpendapat, aturan tersebut mesti dievaluasi berdasarkan kinerja serta kontribusi yang diberikan dalam proyek tersebut. Lim pun menyinggung bahwa wanita dengan kulit berwarna seperti dirinya kerap diremehkan oleh industri.


Sebelum memutuskan keluar dari proyek, Lim dan rumah produksi disebut telah berdiskusi. Bahkan, Lim dilaporkan telah mendapatkan penawaran yang lebih tinggi dan mendekati penawaran untuk Chiarelli. Chiarelli sendiri sempat mengajukan diri untuk membagi bayarannya dengan Lim, tapi ditolak.


Editor 2: Heros