Beritahati, Jakarta - Pengacara Elza Syarief mendatangi kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat 6 September 2019. Elza didampingi beberapa organisasi advokat yang membelanya mengadukan perseteruan dengan Nikita Mirzani dalam program acara Hotman Paris Show belum lama ini.


Elza mengungkap alasan kedatangannya, "Memberikan keterangan detail terhadap pelanggaran iNews, yaitu program acaranya otomatis juga ya," ujar Elza saat jumpa pers di lokasi.


Elza menuturkan, dia melaporkan iNews karena merasa tersudutkan dalam program acara tersebut.


"Tujuan saya untuk melaporkan peristiwa yang memojokkan saya dan tidak benar. Di situ juga akan membicarakan adakah pelanggaran kode etik. Itu kan pembicaraannya tertutup dan rahasia. Lembarannya, aduannya sudah diberikan," ujar dia.


Sebelumnya Elza juga melaporkan program acara tersebut ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).
"Dengan adanya tayangan itu, banyak yang berkomentar dan memberikan suatu pemberitaan yang merugikan saya tanpa mengonfirmasi saya," katanya.


Laporan Elza akan ditindaklanjuti oleh Dewan Pers, yang akan berkoordinasi dengan KPI. Elza mengatakan Dewan Pers menyayangkan tayangan tersebut karena merupakan peristiwa buruk bagi jurnalistik.


"Kan perlindungan kepada narasumber tidak ada. Kemudian narasumber tidak nyaman, dimulai dari saya ditaruh ke tempat yang dingin, kemudian enggak diarahkan saya akan ditemukan dengan tersangka. Saya kan kuasa hukum, enggak boleh ketemu dengan principal, harusnya dia ditemani kuasa hukum," tutur Elza.
Editor 2: Heros