Beritahati, Jakarta - Ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat memenuhi Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (7/9). Mereka tampak akrab dan asyik duduk bersama untuk terlibat dalam acara solidaritas bertema "Papua Adalah Kita, Bersatu Merajut Indonesia" yang digagas Forum Komunikasi Tingkat Kota Jakarta Barat.


Aksi damai ini memang dikemas layaknya malam keakraban dengan berbagai perhelatan budaya. Tumpukan kayu bakar untuk api unggun juga disiapkan di tengah Taman Fatahillah.


Pantauan Beritahati tak hanya Komunitas Masyarakat Papua yang datang, namun warga yang tengah berwisata ke tempat ini tak sungkan berbaur.


Para anggota TNI dan Polri, termasuk Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Hariyadi dan Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol Valian Wicaksono dan Wali Kota juga ikut menggunakan ikat kepala khas Papua.


Acara solidaritas untuk Papua ini turut dihadiri Staf Khusus Presiden untuk Papua yang juga Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua, Lenis Kogoya, Mantan Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy, serta artis asal Bumi Cendrawasih Edo Kondologit.


Dalam sambutannya, Lenis Kogoya mengigatkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.
"Kita ingat Persatuan Indonesia. Kita beda beda disini tapi kita satu. Satu itu tidak ada perbedaan, darah kita sama merah, Bhinneka Tunggal Ika," kata Lenis, dari atas panggung.


Dalam acara ini seluruh peserta yang hadir membacakan ikrar bersama untuk menjaga keutuhan NKRI.