Beritahati, Jakarta - Sampai berita ini diturunkan, Sejak Sabtu (7/9) hingga berita ini diturunkan, berbagai elemen masyarakat Indonesia di Amerika Serikat akan mengadakan “Kumpul - Kumpul Kitong Basodara” dan berdoa bersama agar Indonesia diberikan kekuatan untuk mengatasi konflik rasis yang terjadi di tanah Papua.


Adapun acara ini akan diselenggarakan secara serentak di 12 titik di Amerika Serikat yaitu di Atlanta, Austin, Charlotte, Chicago, Dallas, Las Vegas, Los Angeles, New York, Sacramento, San Francisco, Seattle, St. Paul-Minneapolis, dan Washington, DC.


Dan rencana acara ini akan kembali dilakukan pada tanggal 14-15 September mendatang, dan bertujuan untuk menunjukkan kepedulian serta memberikan dukungan bagi masyarakat Papua di Indonesia bahkan dimanapun berada yang merasa terpukul akibat konflik rasis yang baru-baru ini terjadi.


“Pada saat ini, tercatat sudah lebih dari 500 warga yang akan berpartisipasi pada kegiatan ini dari seluruh Amerika Serikat,” ujar Utomo Lukman, koordinator Amerika Bersatu dari Los Angeles, CA.


Adapun acara ini didukung oleh berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Amerika Serikat, antara lain Amerika Bersatu, DC 4 INDONESIA, Ikatan Keluarga NTT USA, Indonesian American of the Carolinas, Indonesian House of New York (IHNY).


Ronny Rusli dari Dallas, TX, selaku Chairman dari Amerika Bersatu, menyatakan, masyarakat Indonesia di Amerika Serikat terus terang sangat prihatin dengan situasi yang dialami oleh masyarakat Papua, baik yang ada di tanah Papua maupun yang merantau di berbagai penjuru Indonesia dan di luar negeri.


"Namun ada kata pepatah, “Tak ada gading yang tak retak”. Jangan terprovokasi, dan mari kita fokus untuk memberikan kesempatan pada pemerintahan Pak Jokowi yang telah memulai pembangunan di Papua. untuk dapat terus berjalan. Mau tidak mau, kita harus akui tanah Papua tidak mendapatkan perhatian penuh pada pemerintahan sebelumnya,” ujarnya.


Hal senada diutarakan oleh Yayuk Kristanto, salah satu koordinator aksi dari New York, Joe Wahyudi, salah satu pendiri organisasi DC4INDONESIA mengatakan bahwa aksi ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan solidaritas kebangsaan. Secara khusus, Joe, yang juga telah berinisiatif untuk menyalurkan buku-buku ilmu terapan dalam beberapa


“Pendidikan dan pembangunan SDM juga adalah salah satu program Pak Jokowi yang beliau cetuskan pada acara visi Indonesia baru-baru ini. Bagi yang hendak menyumbang buku, silahkan kontak kami, saya siap menyalurkannya kepada saudara-saudara kita, bersama kita bisa," sebutnya.