Beritahati, Jakarta – Gaya hidup sehat dengan berolahraga menjadi salah satu kebutuhan orang dewasa yang harus dilakukan untuk membuat hidup tetap bugar dan sehat.


Olahraga angkat beban bertujuan untuk melatihpenguatan otot yang dapat membantu menunda penurunan massa otot dan kepadatan tulang secara alami. Kondisi penuruanan ini biasanya dimulai dari sekitar usia 50 tahun. Yup, olahraga mengangkat beban yang dilakukan di tempat fintess.


"Aktivitas fisik memainkan peran yang berubah dalam kehidupan orang dewasa yang lebih tua, karena bagi sebagian orang itu menjadi lebih tentang pemeliharaan kemandirian dan pengelolaan gejala penyakit, daripada pencegahan penyakit primer," jelas UK Chief Medical.


Tim UK Chief Medical ini menyakini, tidak menerapkan latihan tersebut menjadi alasan utama mengapa orang tua kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari. Dengan demikian, latihan termasuk mengangkat beban, menggunakan mesin resistensi, berkebun berat, membawa belanja berat, dan menggendong anak kecil harus diulang sampai otot-otot merasa cukup.


Latihan tersebut juga dapat membantu meminimalkan risiko jatuh yang sering terjadi ketika usia bertambah. Pedoman tersebut menambahkan, orang yang berusia 65 tahun ke atas harus melakukan permainan bola, menari untuk meningkatkan atau mempertahankan kekuatan otot, keseimbangan, dan fleksibilitas, serta membantu mengurangi risiko jatuh dan meningkatkan mobilitas.


Setiap minggu, orang dewasa harus berolahraga pada intensitas sedang selama setidaknya 150 menit. Sedangkan pada intensitas yang kuat selama 75 menit atau pada aktivitas yang sangat kuat untuk waktu yang lebih sedikit.


Olahraga, termasuk latihan kekuatan, juga dapat direkomendasikan secara aman kepada wanita selama dan setelah kehamilan. Manfaat olahraga selama kehamilan meliputi penurunan hipertensi, peningkatan kebugaran kardiorespirasi; menurunkan berat badan kehamilan dan risiko diabetes gestasional yang lebih kecil.



Editor 2: Heros