Beritahati, Jakarta - Hari ini, Jack Ma resmi pensiun alias mundur dari Alibaba Group, perusahaan yang didirikannya 20 tahun lalu kepada penerusnya, Daniel Zhang. Ke depan Ma masih akan menjadi penasihat Alibaba.


Acara perpisahan Ma dilakukan di Hangzhou Olympic Sports Center, yang berkapasitas 80.000 orang, dengan berbagai sajian musik dan penampilan para selebritas.


Rencana mundurnya Ma terbilang tak biasa karena bukan hal yang lazim bagi pendiri perusahaan teknologi besar untuk pensiun sedini ini. Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah menjelma menjadi perusahaan raksasa dengan 100.000 karyasan dan ekspansi ke bisnis layanan finansial, komputasi awan, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).


Saat ini, Zhang menduduki posisi sebagai CEO Alibaba. Seperti dilansir dari Reuters, Senin (9/9), kapitalisasi pasar perusahaan yang berfokus utama di e-commerce itu kini menembus US$460 miliar.


Ma, yang akan berusia 55 tahun menyebutkan beberapa bahwa Zhang adalah sosok yang jauh berbeda dengan dirinya yang flamboyan dan karismatik.


"Dia memiliki kemampuan berpikir yang kritis dan logis seperti komputer super, berkomitmen terhadap visinya, mempunyai keberanian untuk sepenuh hati melaksanakan model bisnis serta industri yang inovatif dan memandang ke masa depan," katanya ketika mengumumkan rencana pengangkatan Zhang.


Suksesi yang mulus dan budaya bagus yang ia tinggalkan di Alibaba membuat Ma banyak dipuji. "Dia sungguh membangun budaya yang kuat di Alibaba dan mereka masih gila berinovasi," kata Jeffrey Towson, profesor di Peking University.