Beritahati, Inggris – The Three Lions Inggris sukses mengalahkan mengalahkan Kosovo 5-3 pada laga Grup A kualifikasi Euro 2020 di Stadion St Mary's, Rabu (11/9) dini hari WIB. Dengan kemenangan ini, Inggris pimpin Grup A dengan nilai 12 dari empat pertandingan, atau mencatatkan rekor 100 persen dan unggul tiga angka dari Republik Ceska, di posisi kedua. Sedangkan, Kosovo menempati peringkat ketiga dengan nilai delapan dari lima laga.


Pluit baru ditiup, Kosovo memimpin ketika laga baru berjalan 35 detik lewat Valon Berisha yang memanfaatkan kesalahan bek Inggris Michael Keane yang gagal menguasai bola. Bola direbut Berisha yang mengoper ke Muriqi. Sang penyerang mengoper balik ke Berisha yang melepaskan tendangan menaklukkan kiper Jordan Pickford.


Selang tujuh menit kemudian Inggris bisa menyamakan kedudukan. Michael Keane menebus kesalahannya dengan menyundul tendangan sudut Ross Barkley ke depan gawang yang disambut Raheem Sterling dengan tandukan menjebol gawang Kosovo.


Inggris akhirnya unggul setelah 19 menit Sterling menggiring bola ke kotak penalti Kosovo dan mengirim bola ke Kane yang berlari di sisi kiri. Penyerang Tottenham Hotspur itu dengan presisi melepaskan bola di bawah tubuh Muric untuk membawa Inggris memimpin 2-1.


Pertahanan buruk Kosovo harus dibayar mahal. Inggris mencetak tiga gol dalam tujuh menit. Mergim Vojvoda mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi operan Jadon Sancho di depan gawang Kosovo.


Sterling kemudian memberikan operan matang pada Sancho untuk memperbesar keunggulan Inggris pada menit ke-44. Ini merupakan gol pertama pemain belia Borussia Dortmund di timnas senior. Ia mencetak gol keduanya pada menit ke-45.


Kosovo memperkecil ketinggalan, pada menit ke-49 umpan lambung Muriqi menemukan Berisha yang sentuhannya menaklukkan Pickford. Enam menit kemudian, Muriqi mencetak gol lewat tendangan penalti setelah dijatuhkan oleh Harry Maguire untuk memberi Kosovo harapan kembali.



Namun sayang, Kosovo tak mampu memaksimalkan permainan Inggris yang di bawah performa. Hingga laga usai, skor bertahan 5-3 untuk kemenangan Inggris.