Beritahati, Jakarta - Gerakan Olahraga ini Bisa Dilakukan Cukup di Kursi Kantor
Beberapa olahraga ringan ini mampu menangkal resiko kaku otot dan pegal pada punggung. Bisa Anda lakukan disela-sela waktu kerja, tanpa beranjak dari kursi kantor.


Para pekerja di kantor yang selalu berada di belakang meja selama lebih dari delapan jam sehari berisiko mengalami kaku otot dan pegal pada punggung. Kondisi itu disebabkan penyumbatan pembuluh darah akibat duduk terlalu lama. Hal itu merupakan hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada.


Tetapi risiko ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa olahraga ringan di kursi kerja Anda. Berikut lima cara olahraga praktis di kantor yang bisa dilakukan saat tidak memiliki waktu beranjak dari meja kerja Anda.


Pemanasan
Sambil duduk di kursi, lakukan peregangan pada jari-jemari. Kemudian buat gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki. Lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menarik kepala Anda ke bawah, ke arah dada perlahan.


Peregangan Leher
Duduk dengan posisi tubuh tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan sejauh Anda bisa dan tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula dan lakukan berganti sisi.


Menangkat-angkat Bahu / Pundak
Duduk dengan tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga dan tahan selama 3-5 detik. Kemudian turunkan kembali ke posisi normal. Ulangi 3-4 kali.


Back Side-Stretch
Duduklah dengan tegak, lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri secara perlahan, sampai Anda merasakan peregangan pada otot punggung. Kembali ke posisi semula, lalu lakukan hal serupa untuk sisi kanan.



Mengangkat-angkat Kaki
Duduk tegak di bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari lantai dan tahan. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.


Nah, mudah bukan melakukannya? Selamat mencoba ya.