Beritahati, Jakarta – Kala Presiden RI ke-3, BJ Habibie masih memimpin negeri ini selama 1 tahun 5 bulan. Bapak Demokrasi mendapat mobil kenegaraan sedan mewah asal Amerika Serikat, Cadillac Fleetwood Brougham.


Secara desain, Cadillac Fleetwood Brougham memang cocok digunakan sebagai kendaraan presiden. Mobil ini tampil mewah, eksklusif, dan nyaman.
Kesan tersebut tak lepas dari dimensinya yang besar. Cadillac Fleetwood Brougham memiliki panjang 5.618 mm, lebar 1.913 mm, dan tinggi 1.453 mm. Artinya, mobil ini memiliki kabin yang lega.


Di sektor depan, tampak headlight yang mengotak dengan lampu sein di bawahnya. Komponen tersebut dipadu gril menyudut yang dilabur krom sampai bumper depannya.
Bagian belakangnya pun tak kalah menawan. Cadillac Fleetwood Brougham memiliki taillight vertikal dan dibingkai krom besar yang menguatkan kemewahannya.


Terlahir di tahun 1987, Cadillac Fleetwood Brougham memang tak memiliki fitur melimpah. Hanya saja interiornya tampak elegan dan klasik berkat jok panjang serta jahitan bermotif lurus.


Beralih ke dapur pacu, Cadillac Fleetwood Brougham dibekali mesin 8 silinder V8. Konfigurasi tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 135 hp dengan torsi 260 Nm.


Saat ini, mobil dinas BJ Habibie tersimpan rapi di museum Istana Negara. Meski tak lagi digunakan, Cadillac Fleetwood Brougham itu masih kerap ditampilkan dalam acara kenegaraan, salah satunya HUT RI ke-74 lalu.