Beritahati, Bekasi – Polusi udara yang buruk membuat Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi atau Pepen berharap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut membantu Bekasi mengatasinya,


Pepen menilai, wajar bila persoalan polusi udara di Bekasi yang disebabkan besarnya jumlah kendaraan pribadi juga jadi perhatian Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.


"Nah dari situ saya sampaikan ke Pak Gubernur bahwa Bekasi harus ada perhatian lebih, dalam penanganan hal seperti itu (polusi udara). Dalam bentuk umpamanya penghijauan," ujar Pepen kepada wartawan di kantornya, Jumat (13/9).


Pepen mengatakan, Kota Bekasi dipadati kendaraan pribadi. Namun, di sisi lain, hal itu menyimpan potensi pendapatan daerah yang besar dari pajak kendaraan bermotor-bea balik nama kendaraan bermotor (PKB-BBNKB).


"Mobilnya banyak, kalau mobil bayar pajak enggak? Pajaknya masuk ke mana? (Pemerintah Provinsi) Jawa Barat, motor juga," tambah Pepen.


Ia mengatakan, sekitar 70 persen dari total hampir Rp 2 triliun potensi pendapatan PKB-BBNKB per tahun Kota Bekasi masuk ke kas provinsi. Pemerintah Kota Bekasi hanya mendapat 30 persen sisanya.