Beritahati, Jakarta – Penampilan Thareq Kemal Habibie yang selalu memakai penutup mata membuat publik penasaran. Putra bungsu almarhum BJ Habibie beberapa kali muncul di tengah kabar duka meninggalnya sang ayah.


Mata Thareq Habibie yang selalu tertutup adalah yang sebelah kanan. Kakak Thareq, Ilham Habibie, mengungkap alasannya.


"Oh dia kena glaukoma karena dia dulu pernah ada sakit gula. Glaukoma adalah ya buta," kata Ilham di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9)


Hal senada pun di sampaikan dokter spesialis mata Surya Utama. Ia mengatakan, penggunaan penutup mata dengan alasan penampilan karena pasien merasa terganggu dengan kondisi matanya, misalnya ada kerusakan di mata.


"Ada kerusakan struktur mata, misalnya di kelopak, kornea, bola mata atau bagian lain ada kerusakan. Maka upayanya dengan masking effect (dengan menggunakan penutup mata)," kata Surya.


Seseorang juga mungkin menggunakan penutup mata karena ada salah satu mata yang mengalami kelainan, misalnya kurang bagus penglihatannya.


"Nah, kalau mata yang kurang bagus penglihatannya itu ditutup sama sekali justru aman karena tidak ada yang mengganggu," jelas dokter yang praktik di RS Eka Hospital Pekanbaru Riau ini.