Beritahati, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginginkan kampung-kampung di Jakarta lebih layak huni dan sehat ketika membuka secara simbolis acara International Field School II and Jakarta Urban Kampung Conference 2019,


“Melalui rangkaian kegiatan ini, saya agar kampung-kampung di Jakarta menjadi kampung yang lebih layak huni dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kampung-kampung di Jakarta. Apalagi, kegiatan kerja lapangan akan dilaksanakan di Kampung Aquarium, Jakarta Utara,” kata Anies Baswedan dalam acara tersebut di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (16/9).


Pemprov DKI bersama Rujak Center for Urban Studies dan Kyoto University menyelenggarakan Jakarta Urban Kampung Conference dengan melibatkan warga kampung di Jakarta, aktivis, dan pemerhati kampung, juga para pakar dari berbagai wilayah di dunia.


“Jadi kita bersama jajaran Pemprov DKI nantinya akan melakukan Field School. Mereka akan langsung terjun ke lapangan selama beberapa hari. Ini bagian dari urban regeneration, pembangunan kembali kawasan perkampungan untuk menjadi pemukiman yang sehat dan lebih layak untuk semuanya. Kebersihannya dan kenyamanan ada, kekumuhan hilang,” jelas Anies Baswedan.


Dijelaskannya, kampung-kamppung adalah bagian dari tradisi Indonesia. Bahkan istilah kampungnya sendiri dalam bahasa Inggris diserap dari bahasa Indonesia, yang menunjukan bahwa ini unik. Karena itu, ia mengharapkan para peserta dapat menggunakan kesempatan baik ini dengan terjun ke lapangan dan pulang mendapatkan pengalaman yang positif tentang kampung di Jakarta.