Beritahati, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meluncurkan program Jakarta Ramah Bersepeda pada Jumat (20/9) mendatang. Tujuan program itu untuk mendukung warga Jakarta lebih banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi,


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, rencananya akan dibangun jalur-jalur sepeda yang berada di ruas jalan. Nantinya, jalur-jalur sepeda yang ada dalam program Jakarta Ramah Bersepeda akan diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jumat pekan ini.


"Nanti lengkapnya Pak Gubernur yang akan mengumumkan hari Kamis. Nanti soal jalur sepedanya akan di-launching hari Jumat. Untuk jalur sepedanya dibangun di ruas jalan sesuai dengan kajian kita seperti itu,” kata Syafrin Liputo di Monas, Jakarta, Selasa (17/9).


Pada peluncuran program tersebut, lanjut Syafrin Liputo, Chief Executive Officer Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Heather Thompson akan hadir dalam peluncuran jalur sepeda di Jakarta.


"Kita akan ramai-ramai gowes, ada Pak Gubernur, CEO ITDP, kan luar biasa. Beliau jauh-jauh dari Jerman datang untuk menyaksikan program Jakarta Ramah Bersepeda yang mulai kita giatkan tahun ini,” terang Syafrin Liputo.


Ia memastikan keamanan jalur sepeda tersebut. Sebab, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan marka dan traffic cone sebagai pembatas jalur sepeda dan kendaraan bermotor. "Ada marka, ada cone, semuanya lengkap. Aman," papar Syafrin Liputo.