Beritahati, OKI – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Iskandar minta perusahaan perkebunan juga terlibat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu. Ia bersama jajarannya mengecek lahan gambut yang terbakar di wilayahnya.


Bersama Kapolres, Dandim, dan instansi terkait, Iskandar menemukan kebakaran lahan tidak jauh dari perkebunan tebu PT Dinamika. Ia meminta perusahaan dapat mengendalikan api di dekat daerah HGU (hak guna usaha).


"Saya minta dalam 1x24 jam jangan lagi ada asap dari sini, lakukan pemadaman secara keroyokan agar maksimal," tegas Bupati Iskandar kepada wartawan, Rabu (18/9).


Sebagai upaya antisipasi, sejak Januari, Pemkab OKI sudah meminta komitmen pemegang HGU di wilayahnya. Bahkan perusahaan tak hanya diminta menjaga area konsesinya, tapi juga area sekitar.


"Sejak awal kita tagih komitmen masing-masing (perusahaan) untuk membantu memadamkan karhutla. Jadi tak hanya di kebun sendiri, tapi juga yang ada di sekitar perusahaan karena tanggung jawab bersama," imbuh Iskandar.