Beritahati, Probolinggo – Aksi komplotan pembobol ATM terendus saat beraksi di Kota Probolinggo. Pelaku yang tertangkap, sempat jadi bulan-bulanan massa sampai akhirnya diamankan polisi.


Adalah R (37), pria asal Provinsi Lampung tertangkap basah saat beraksi tengah berupaya membobol mesin ATM BNI di Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo, Minggu (29/9).


Saat beraksi, pelaku R dibantu dua rekannya yang berhasil kabur saat penangkapan. Masing-masing pelaku memiliki tugasnya sendiri. Ada yang bagian eksekusi, mengintai, dan sopir.


Satu komplotan pembobol ATM tersebut menggunakan sebuah mobil guna memuluskan aksinya agar berlangsung cepat dan menghindari kecurigaan warga dan petugas.


"Kecurigaan kami mulai tanggal 27 kemarin, ada beberapa mesin atm yang uangnya nyangkut saat keluar. Sampai akhirnya kami intai, dan mendapati ada mobil mencurigakan di sekitar ATM. Seketika itu, security PT S-S-I langsung bergerak masuk ATM, dan mendapati pelaku tengah beraksi. Satu pelaku ini yang berhasil ketangkap, untuk yang dua berhasil kabur ke arah timur,"terang Ahmad.


Warga sekitar yang mengetahui penangkapan itu, langsung menghajar pelaku hingga akhirnya polisi datang, dan melakukan pengamanan. Dari pelaku, polisi mendapati barang bukti mobil dan besi pengganjal, penjepit yang digunakan untuk membobol mesin ATM.


Kasat Reskrim Polresta Probolinggo AKP Nanang Fendi Dwi Susanto mengatakan, pihaknya langsung melakukan gelar terhadap pelaku R, guna memintai keterangan tentang kedua pelaku lain yang berhasil kabur.