Beritahati, Bukittinggi - Seorang pencuri kotak amal masjib berhasil diamankan Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bukittinggi, setelah sebelumnya beraksi delapan kali pada beberapa daerah.


PLT Kasat Reserse dan Kriminal Polres Bukittinggi, AKP Pradiptra Putra Pratama, mengatakan, tersangka yang sudah cukup berpengalaman ini diamankan, dikontrakannya kawasan By Pass Aur Kuning Bukittinggi, saat sedang tertidur.


“Tersangka berinisial A (23) asal Jambi, selain di Bukittinggi juga telah melakukan aksinya di wilayah hukum Payakumbuh dan Padang Panjang. Terakhir, tersangka melakukan aksinya di Masjid Jami' Aur Kuning. Namun, aksinya gagal karena ketahuan warga, namun tersangka berhasil melarikan diri,” terangnya Kamis (3/10).


Saat menjalankan aksi terakhirnya itu sambung Pradipta Putra Pratama, tersangka meninggalkan barang miliknya berupa HP, satu paket sabu, dan alat hisap.


“Dari barang bukti tersebut, tim operasional langsung bergerak, dan melakukan pemeriksaan CCTV milik Masjid Jami' Aur Kuning. Setelah dilakukan penyelidikan, tim akhirnya berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka di rumah kontrakannya ketika sedang terlelap tidur,” jelasnya.


Tersangka langsung dibawa ke Mapolres Bukittinggi untuk dilakukan pemeriksaan. Saat dilakukan pemeriksaan, tersangka mengakui perbuatannya dan telah menjalankan aksinya sebanyak delapan kali.


“Jadi tersangka ini sudah melakukan aksinya di beberapa daerah, namun paling banyak di Bukittinggi. Modusnya, tersangka melakukan pencurian dengan membawa kunci T dan merusak gembok kotak amal dan melarikan uang yang ada didalamnya,” ujarnya.


Pradipta Putra Pratama menambahkan, uang yang didapat dari hasil mencuri kotak amal tersebut, digunakan oleh tersangka A untuk membeli narkoba. Bahkan, barang bukti yang ditinggalkan tersangka dilokasi berupa satu paket sabu.


“Dari hasil pengembangan, tersangka mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari tersangka G (23), warga Batagak Sungai Puar Kabupaten Agam. Tim operasional Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba langsung menuju rumah G dan berhasil mengamankannya tanpa perlawanan,” ungkapnya.