Beritahati, Banda Aceh - Petugas penjagaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Banda Aceh menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis ganja ke dalam lapas, Rabu (2/10/2019).


Petugas menyita barang bukti ganja dari seorang wanita berinisial R (45) warga Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.


Plh Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Banda Aceh Ridha Ansari mengatakan, pengungkapan ini berawal dari pemeriksaan yang dilakukan petugas terhadap pelaku yang ingin menjenguk suaminya.


"Pelaku datang dengan dua orang anaknya yang dibawa. Kedatangan untuk membesuk suaminya yang merupakan napi yang sedang menjalani hukuman 15 tahun atas kasus narkoba," kata Ridha.


Kemudian, ungkapnya, petugas melakukan pemeriksaan terhadap tamu yang membesuk.


"Ini sesuai dengan protap kita, siapapun tamu yang ingin membesuk akan kita periksa. Pemeriksaan berupa pemeriksaan identitas, kemudian pemeriksaan barang bawaan dan yang terakhir pemeriksaan badan," jelasnya.


Saat petugas memeriksa badan pelaku, ternyata ditemukan barang mencurigakan yang disembunyikan di badannya.


"Petugas menemukan barang mencurigakan yang disembunyikan di tempat kemaluannya. Ternyata saat diperiksa barang tersebut adalah narkoba jenis ganja," ujarnya.


Berdasarkan interogasi petugas, pelaku mengaku bahwa ganja tersebut nekat dipasok ke dalam Lapas atas permintaan suaminya.


"Jadi suaminya yang minta dibawa ganja. Kita menduga itu ganja dipakai atau bisa jadi juga diperjualbelikan. Berat ganja itu 230 gram," jelas Ridha.


Dia menyebutkan, suami pelaku merupakan napi kasus narkoba yang telah menjalani masa hukuman satu tahun. Kini kasus tersebut telah ditangani oleh Polresta Banda Aceh, sementara pelaku sudah diamankan oleh pihak berwajib.