Beritahati, Jakarta - Tim nasional Indonesia belum bisa memberikan kontribusi positif, Indonesia ditundukan tuan rumah Uni Emirat Arab (UAE) dengan lima gol tanpa balas dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yag dimulai Kamis malam WIB.


Gol-gol UAE dalam pertandingan yang digelar di Stadion Ali Maktoum, Dubai, tersebut, dicetak oleh Khalil Ibrahim Alhammadi (40’), Ali Mabkhout (51’, 63’, 72’) dan Tariq Ahmed (90+3’).


Hasil tersebut membuat Indonesia belum bergeser dari peringkat terakhir atau kelima klasemen sementara Grup G dengan nol poin dari tiga laga.


Sementara UAE memimpin klasemen dengan enam poin hasil dua kemenangan dari dua pertandingan.


Timnas Indonesia yang mencadangkan kiper sekaligus kapten Andritany Ardhiyasa serta gelandang serang Stefano Lilipaly tampil tertekan nyaris sepanjang babak pertama.


Anak-anak asuh pelatih Simon McMenemy yang diperkuat nama-nama seperti Wawan Hendrawan, Irfan Bachdim, Andik Vermansah dan Hansamu Yama lebih memilih untuk menunggu serangan lawan untuk nantinya melancarkan serangan balik.


Terus menekan, UAE akhirnya mampu mencetak gol di menit ke-41 melalui kaki Khalil Ibrahim Alhammadi.


Gol itu diawali umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia yang mengarah langsung ke gawang. Kiper Wawan Hendrawan yang mencoba untuk menghambat laju bola, gagal melakukan tugasnya.


Khalil yang meraih bola pun mengubah skor menjadi 1-0. Kedudukan itu bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.


Di paruh kedua, Indonesia mencoba untuk keluar menyerang. Akan tetapi, justru UAE berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-51 melalui sepakan Ali Mabkhout.


Ali berhasil memanfaatkan blunder Zulfiandi yang justru mengoper bola kepada pemain lawan di pertahanan sendiri.


Di menit ke-63, Ali kembali menorehkan namanya di papan skor, kali ini melalui tendangan penalti. Hadiah 12 pas diberikan wasit setelah kapten Indonesia Hansamu Yama menyentuh bola dengan tangan di area terlarang.


Empat menit setelahnya, Indonesia sempat membuat satu peluang empat menit via tendangan bebas Stefano Lilipaly, yang masuk menggantikan Alberto Goncalves. Sayang, percobaan Lilipaly ditepis oleh kiper UAE Khalid Eisa Bilal.


UAE membuat kedudukan menjadi 4-0 setelah Ali Mabkhout sukses menyarangkan gol ketiganya dalam laga tersebut di menit ke-72.


Pada menit akhir pertandingan, tepatnya menit ke-90+3, UAE kembali melesakkan bola ke dalam gawang Indonesia berkat sumbangan gol Tariq Ahmed. Skor 5-0 pun menjadi akhir dari pertandingan tersebut.



Iran Gilas Kamboja 14-0


Iran memperlihatkan jurang perbedaan kekuatan yang sangat besar saat menghancurkan Kamboja dengan skor 14-0 dalam pertandingan Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis malam waktu setempat.


Dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Azadi, Tehran, tersebut, Iran mencetak tujuh gol pada masing-masing babak, demikian dilansir laman resmi turnamen.


Team Melli membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung lima menit melalui Ahmed Nourollahi. Setelah itu berturut-turut Sardar Azmoun, Hossein Kanaani, Mehdi Taremi, dan Karim Ansarifard membobol gawang tim tamu. Azmoun bahkan telah mengukir trigol sebelum turun minum.


Pesta Iran berlanjut pada babak kedua. Mereka kembali memaksa kiper Kamboja Soksela Keo memungut bola sebanyak tujuh kali dari gawangnya melalui gol-gol yang ditorehkan Karim Ansarifard, Mehdi Taremi, Mohammad Mohebi, Morteza Pouraliganji, dan Mehrdad Mohammadi.


Tetangga Iran, Irak, meraih kemenangan perdananya di fase grup saat mereka memukul tamunya Hong Kong dengan kemenangan 2-0.


Dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Internasional Basra, Uni Emirat Arab, Irak membuka keunggulan melalui gol Mohanad Ali Kadhim Al-Shammari pada menit ke-37.


Irak kemudian menggandakan keunggulan melalui eksekusi penalti Ali Adnan Kadhim Al-Tameemi pada menit ke-79.