Beritahati, Jakarta - Setelah lebih dari 2 bulan tak boleh angkut penumpang, Gojek mengumumkan bahwa layanan ojek online GoRide di Jakarta aktif kembali hari ini, Senin 8 Juni 2020, artinya layanan angkutan penumpang kembali diaktifkan.


Chief Corporate Affairs Nila Marita dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51 tahun 2020 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi Untuk Pencegahan COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.


“Gojek selama ini telah memiliki prosedur yang mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan yang sejalan dengan SK tersebut,” tulisnya.


Yang paling utama, mewajibkan mitra menggunakan masker dan sarung tangan, sedangkan penumpang menggunakan masker.


“Kami juga menghimbau penumpang GoRide untuk membawa helm SNI pribadi,” tambahnya.


Selanjutnya, Menjaga kebersihan dan kesehatan mitra serta penumpang.


Nila menyebutkan Gojek sendiri memiliki 130 Posko Aman di kota-kota besar di Indonesia termasuk Jakarta, di mana mitra pengemudi dapat melakukan pengecekan suhu tubuh, mendapatkan healthy kit (masker dan hand sanitizer) serta tempat untuk penyemprotan disinfektan terhadap motor ataupun mobil yang digunakan oleh mitra.


“Di samping itu kami memiliki fitur informasi kesehatan mitra di aplikasi Gojek, di mana pelanggan dapat mengetahui suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mitra driver,” lanjutnya.


Adapun sesuai SK Dishub Nomor 105/2020, Gojek memastikan tidak beroperasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah pengendalian ketat berskala lokal dengan menerapkan pengaturan geofencing.


Grab Bike Juga Bisa Angkut Penumpang
Untuk GrabBike, jika semula pengguna diarahkan ke layanan GrabCar ketika mengklik GrabBike, kini ikon Bike dalam aplikasi Grab hadir dengan tulisan "Live," dan telah dapat digunakan.


Berdasarkan Jadwal Pembukaan Transisi Fase I yang dipaparkan Pemprov DKI, Kamis (4/6), layanan transportasi dengan sepeda motor termasuk GoRide dapat membuka 100 persen layanan mulai Senin, 8 Juni 2020.


Grab menghadirkan GrabProtect sebagai langkah keamanan dan kebersihan dalam pengoperasian kembali layanan GrabBike.


Grab melengkapi armada GrabBike dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.


Grab juga mengadopsi praktik kebersihan termasuk mencuci tangan secara teratur, menutup mulut/hidung saat bersin atau batuk, dan membersihkan dan mendisinfeksi kendaraan mitra pengemudi lebih sering, serta menyarankan untuk langsung mengunjungi dokter jika merasa tidak enak badan.


Selain langkah-langkah tersebut, Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru (formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online serta fitur mask selfie) dan fitur pengecekan masker via swafoto (mask selfie) diseluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni.