Beritahati, Jakarta - Psikolog anak Seto Mulyadi menghimbau agar orang tua bisa menciptakan suasana belajar yang gembira dan menyenangkan bagi anak saat pandemi COVID-19 agar anak tidak cepat merasa bosan.


Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia itu mengatakan dunia anak adalah dunia bermain. Belajar bisa dilakukan anak bersama orang tua di mana saja.


"Sejumlah ahli mengatakan semua anak pada dasarnya senang belajar. Jadi ciptakan suasana belajar yang gembira dan menyenangkan," kata pria yang akrab dipanggil Kak Seto, dalam sebuah seminar online bertajuk "Bincang Bersama Kak Seto"yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di Jakarta, Rabu (10/6/2020).


Kak Seto juga menambahkan ketika anak harus belajar di rumah, jangan biarkan mereka terus menerus di depan komputer. Pembelajaran bagi anak bisa dilakukan dengan mendongeng atau bermain di luar.


"Perlu komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Kunci suksesnya adalah orang tua harus kreatif," tuturnya.


Tak hanya itu, Kak Seto berpendapat bahwa semua anak pada dasarnya cerdas, namun anak memiliki keunikan masing-masing sehingga antara anak satu dengan yang lainnya bisa sangat berbeda.


"Ada anak yang kecerdasannya di bidang matematika, fisika, atau melukis. Orang tua harus bisa menemukan kecerdasan anak," katanya.


Selain Kak Seto, pembicara lainnya adalah psikolog Alissa Wahid dengan pembicara kunci Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin.