68494 
Obral Narkoba "Paket Hemat" di Kampung Boncos

Obral Narkoba

Reporter : Andrew Tito

Beritahati.com, Jakarta - Dibalik deretan hunian kumuh yang terbuat dari kayu dan triplek di Kelurahan Kota Bambu Selatan, RW 03, Palmerah, Jakarta Barat atau biasa dikenal Kampung Boncos, siapa nyana pergerakan uang di wilayah tersebut begitu cepat dan deras.

Saat ternyata, pergerakan uang yang begitu cepat di wilayah tersebut diramaikan oleh maraknya bisnis narkoba. Ya, Kampung Boncos seakan tak mau kalah dengan dua kampung peredaran narkoba di Ibu Kota, yakni Kampung Ambon di Cengkareng, Jakarta Barat dan Kampung Berlan, Matraman, Jakarta Timur.

Penelusuran Beritahati.com, peredaran narkoba di wilayah tersebut lambat laun semakin masif. Terlebih, banyak pengguna narkoba menjadikan wilayah itu untuk teler menggunakan barang haram tersebut. Bisa dikata, di hunian padat seluas 42 ribu meter persegi memang menyediakan kemudahan bagi penikmat narkoba untuk membeli "paket hemat" atau pahe dalam sistem jual beli narkoba.

Menurut salah seorang warga, Jayadi (31), peredaran narkoba Kampung Boncos bukanlah merupakan pemandangan aneh, peredarannya pun marak dan terang-terangan,  khususnya di Gang Harlan.

"Disini banyak. Apalagi  di Gang Harlan, disitu banyak yang megang (bandar-red)," ujar Jayadi.

Diterangkan Jayadi, para bandar biasanya muncul mulai pukul 15.00 WIB hingga 03.00 WIB untuk melayani para pengguna narkoba dari kalangan ekonomi lemah maupun menengah, dengan paketan kecil.

"Per pahe (Putau) dibanderol Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Takarannya yaitu 0,03 gram sampai 0,2 gram, namun biasanya banyak yang membeli senilai 0,05 gram. Untuk per pahe sabu  dipatok Rp 200 ribu per  paketnya yang sudah di kemas dalam plastik klip," terangnya.

Hal sama juga dikatakan seorang pemuda pemakai sabu, bernama Arif (nama samaran). Menurut Arif (24), penjualan sabu dengan paket hemat mempermudah pembelinya. Diakuinya, harga sabu di Kampung Boncos sangat murah dibanding harga diluaran.

Arif menambahkan, kebanyakan bandar narkoba di Kampung Boncos merupakan bandar bandar kelas kecil dan menengah yang biasanya memiliki sabu sebanyak 50 gram hingga satu ons.

"Kalau disini kebanyakan bandar-bandar kelas kelas teri yang biasanya cuma punya sabu satu ons sampai 50 gram aja," imbuhnya.

Kepada Beritahati.com, Arif juga menjelaskan obral harga paket sabu yang siap edar di Kampung Boncos, diantaranya untuk harga satu O (istilah ons-red) dibanderol  Rp 16 juta. Namun,  oleh bandar kelas kecil, satu O itu dipecah menjadi 100 paket sabu dengan ukuran 1 ji (gram).

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top